Analisa radiasi Tower Telekomunikasi

20.25 / Diposkan oleh Drs. Achmad Chambali Hasjim, SH /



ANALISA RADIASI FREKUENSI ( RF )
MENARA TELEKOMUNIKASI ( TOWER )

·      MENARA  TELEKOMUNIKASI ( TOWER ) BAIK UNTUK PEMANCAR GELOMBANG MICRO DIGITAL ( GMD ) MAUPUN UNTUK PEMANCAR BTS ( BASE TRANSCEIVER STATION), YANG  MEMANCARKAN GELOMBANG ELEKTROMAGNETIK ( GEM ), TERBENTUKNYA MEDAN ELEKTOR/LISTRIK DAN MEDAN MAGNIT.
·      TOWER  UNTUK PEMANCAR GELOMBANG MICRO DIGITAL ( GMD ) BIASANYA MEMANCARKAN GELOMBANG ELEKTROMAGNETIK  ( GEM ) DENGAN FREKUENSI 4 SAMPAI 7 GHZ , DIMANA ANTARA ANTENNA PEMANCAR DENGAN ANTENNA PENERIMA BERJARAK SEKITAR MAKSIMUM 60 KM DAN HARUS LOS (LINE OF SIDE ) TIDAK ADA OBSTACKLE ( PENGHALANG ) YANG MENGHALANGI ANTARA KEDUANYA., BIASANYA DENGAN KETINGGIAN DIATAS 40 METER DARI PERMUKAAN TANAH. GELOMBANG YANG DIPANCARKAN ADALAH GELOMBANG RUANG, MERAMBAT LURUS DIUDARA.
·      SEDANG TOWER UNTUK PEMANCAR BTS, ADALAH MEMANCARKAN GELOMBANG ELEKTROMAGNETIK ( GEM ) DENGAN FREKUENSI RENDAH BERKISAR ANTARA 900 S/D 1800 MHZ., YANG DIPANCARKAN OLEH ANTENNA SEKTORAL YANG AKAN DITANGKAP OLEH ANTENNA HP
·      TOWER BTS  BERBEDA DENGAN TOWER SUTET  LISTRIK PLN DALAM HAL KONSTRUKSI, MAUPUN RESIKO YANG DITANGGUNG PENDUDUK DI BAWAHNYA.
·      TOWER SUTET, YANG DITOPANG ADALAH KABEL YANG DIALIRI OLEH SALURAN UMUM TEGANGAN EXTRA TINGGI ( SUTET ), DIMANA ARUS LISTRIK YANG DILEWATKANNYA ADALAH DIATAS 20.000 KV, SEHINGGA MENIMBULKAN RADIASI LISTRIK YANG CUKUP BESAR.
·      SEMENTARA TOWER BTS YANG DITOPANGNYA ADALAH ANTENNA  YANG MEMANCARKAN GELOMBANG ELEKTROMAGNETIK ATAU KITA SEBUT DENGAN GELOMBANG RADIO, YANG RADIASINYA BERORDO WATT, SEHINGGA BELUM SAMPAI KETANAH SUDAH HILANG RADIASINYA ITU. JADI BOLEH DIKATAKAN AMAN UNTUK KESEHATAN MANUSIA DAN PERALATAN ELEKTRIK RUMAH TANGGA. 
·      SINYAL BTS,  TIDAK AKAN MENGGANGGU FREKUENSI RADIO DAN TV KARENA PERALATAN BTS BEKERJA PADA GELOMBANG 900 MHZ DAN 1.800 MHZ.  SEMENTARA RADIO DAN TV BEKERJA PADA 100-600 MHZ.
·      KEKUATAN PANCANG TOWER PUN TIDAK PERLU DIRAGUKAN, KARENA TELAH DIRANCANG MAMPU MENAHAN ANGIN BERKECEPATAN HINGGA 120 KM/JAM DAN PONDASI YANG SANGAT KOKOH DI MANA SETIAP CM2 MAMPU MENAHAN BEBAN HINGGA 225 KG.
·      BERDASAR PENELITIAN WHO DAN FAKULTAS TEKNIK UGM, BTS TIDAK TERDAPAT RADIASI YANG MEMBAHAYAKAN KESEHATAN MANUSIA. LEVEL BATAS RADIASI YANG DIPERBOLEHKAN MENURUT STANDAR YANG DIKELUARKAN WHO MASING-MASING ADALAH  : 
Ø 4,5 WATT/M2 UNTUK PERANGKAT YANG MENGGUNAKAN FREK. 900 MHZ
Ø 9 WATT/M2 UNTUK PERANGKAT YANG MENGGUNAKAN FREK. 1.800 MHZ.
·      SEMENTARA ITU, STANDAR YANG DIKELUARKAN IEEE C95.1-1991 MALAH LEBIH TINGGI LAGI, YAKNI :
Ø 6 WATT/M2 UNTUK PERANGKAT YANG MENGGUNAKAN FREK.  900 MHZ
Ø 12 WATT/M2 UNTUK PERANGKAT YANG MENGGUNAKAN FREK. 1.800 MHZ.

·      PERHITUNGAN TOTAL  RADIASI BTS MENGGUNAKAN RUMUS YANG BERLAKU DALAM MENGHITUNG BESARAN RADIASI ADALAH SEBAGAI BERIKUT :
Ø TOWER BTS DENGAN FREK. 1800 MHZ DAYA YANG DIGUNAKAN RATA-RATA 20 WATT
Ø TOWER BTS DENGAN FREK. 900 MHZ DAYANYA 40 WATT,
Ø PESAWAT HANDPHONE DENGAN FREK 1.800 MHZ MENGGUNAKAN DAYA SEBESAR 1 WATT ;
Ø  PESAWAT HANDPHONE DENGAN FREK  900 MHZ MENGGUNAKAN DAYA DAYANYA 2 WATT.

HASIL PERHITUNGAN :
· PADA JARAK 1 METER (JALUR PITA PANCAR UTAMA), TOWER BTS DENGAN FREKUENSI 1.800 MHZ MENGASILKAN TOTAL DAYA RADIASI SEBESAR 9,5 W/M2
·      PADA JARAK 12 METER (JALUR PITA PANCAR UTAMA), AKAN MENGHASILKAN TOTAL RADIASI SEBESAR 0,55 W/M2.
·      UNTUK TOWER YANG MEMILIKI TINGGI 52 METER, BERDASARKAN HASIL PERHITUNGAN, AKAN MENGHASILKAN TOTAL RADIASI SEBESAR 0,029 W/M2.
·      SEBENARNYA ANGKANYA SANGAT KECIL SEHINGGA ORANG YANG TINGGAL DI SEKITAR TOWER BTS CUKUP AMAN.
·      TOWER BTS TERENDAH (40 METER) MEMILIKI RADIASI 1 WATT/M2 UNTUK FREK. 800 MHZ (STANDAR WHO 4,5 WATT/M2) DAN  2 WATT/M2 UNTUK FREK. 1800 MHZ (STANDAR WHO 9 WATT/M2)  RADIASI INI MAKIN LEMAH APABILA TOWER MAKIN TINGGI.
·      SEDANGKAN RADIASI DARI RADIO INFORMATIKA/INTERNET (2,4 GHZ) HANYA SEKITAR 3 WATT/M2 SAJA.  *************(Sya'ban_ 1436 H_hamhas)

Label: